Selasa, 12 Januari 2021

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

 Halaman 4-5

Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku



1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.

2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.

3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks btersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?

Ya, saya menemukan.

b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?

Ya, baris-baris tersebut berkumpul menjadi dua bagian.

c. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!

n,u,n,u       a,u,a,u

d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?

Ya, bunyi vokal kata terakhir teratur.


e. Tunjukkan keteraturan itu!

Anganku melayang ke masa depru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cimu
Tak kan aku berpangku tangan saku


4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!

 

Ciri-ciri puisi sebagai berikut:

Jawaban:

- Terdiri dari kumpulan kata yang disusun menjadi baris-baris.

- Memiliki gaya bahasa

- Setiap baris terakhir bunyi vokal teratur








Tidak ada komentar: